Cahyaningrat, Wahyu

WAHYU CAHYANINGRAT, dalam sebuah lakon carangan, adalah wahyu yang diturunkan oleh para dewa bagi ksatria utama yang pantas menurunkan raja-raja di Tanah Jawa, kelak. Jadi boleh dibilang sama dengan Wahyu Cakraningrat.

Dalam lakon Wahyu Cahyaningrat, yang memperoleh wahyu itu juga Abimanyu, sesudah anak Arjuna itu bertapa di puncak Gunung Jamurdipa. Usaha Abimanyu ini semula mendapat halangan dari Batari Durga, yang menghendaki agar wahyu ini jatuh ke tangan anaknya, Dewasrani. Namun, usaha Batari Durga itu digagalkan oleh Ki Lurah Semar.

Pada pendalangan gagrak Yogyakarta, Wahyu Cahyaningrat merupakan jelmaan Laksmana (Lesmana Widagda) yang menitis pada Arjuna, sedangkan wadatnya Lesmana, ketika ia memotong alat kelaminnya sendiri, menjelma menjadi Lesmana Sadu yang menitis pada Prabu Baladewa. (Baca LAKSMANA)

Arjuna, karena dititisi Laksmana dapat menurunkan Abimanyu dan raja-raja di Tanah Jawa, sedangkan Baladewa yang dititisi Laksmana Sadu berumur panjang, serta tidak mudah tergoda oleh wanita.

Baca ABIMANYU.

Kategori Abjad
Sponsor