Cantrik

CANTRIK adalah siswa yang berguru pada seorang begawan, pandita atau resi. Selain belajar, di pertapaan biasanya ia tidak mempunyai tugas khusus. Dalam pewayangan, cantrik selalu ditampilkan laki-laki. Sedangkan siswa yang perempuan disebut endang.

Cantrik

Cantrik, Wayang Kulit Purwa gagrak Surakarta

Di antara para cantrik, yang paling terkenal dalam pewayangan adalah Cantrik Janaloka. Cantrik yang satu ini muncul sebagai tokoh utama dalam lakon Pregiwa-Pregiwati. Dalam lakon itu diceritakan Cantrik Janaloka yang berguru pada Begawan Sidiwacana di Pertapaan Andongsumawi, diam-diam ingin sekali memperistri sekaligus dua orang putri Arjuna, yaitu Dewi Pregiwa dan Pregiwati. Kedua remaja cantik itu adalah cucu sang Begawan, sekaligus putri Arjuna. (Baca JANA-LOKA, CANTRIK)

Tokoh cantrik yang kemudian menjadi terkenal karena kesaktian dan pengabdiannya juga ada. Diantaranya adalah Jembawan dan Menda, yang kemudian berubah ujud menjadi kera, dan menjadi pahlawan yang banyak jasanya pada peperangan yang dilancarkan Ramawijaya terhadap Prabu Dasamuka dari Kerajaan Alengka untuk membebaskan Dewi Sinta.

Setelah menjadi kera keduanya dikenal dengan nama Kapi Jembawan dan Kapi Menda.

Cantrik Dalang

Selain cantrik dalam dunia wayang, ada juga cantrik dalam dunia pedalangan dan dunia seni lainnya. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, seseorang yang ingin mendalami sesuatu ilmu seni dari seseorang yang dianggap guru, belajar dengan cara menjadi cantriknya, istilahnya, nyatrik.

Misalnya, dalang kondang Nartasabda, di masa mudanya pernah nyantrik pada dalang senior Ki Pujasumarta. Demikian pula, dalang Ki Ganda Darsana (Ganda Darman) dari Kedungbanteng, Sragen, Jawa Tengah, pernah nyantrik pada Ki Pujasumarta dan Ki Nyatacarita.

Tidak setiap orang dapat begitu saja menjadi cantrik. Seorang dalang senior akan memilih siapa yang akan diterima menjadi cantriknya.

Selama nyantrik, si Calon Dalang harus mau melakukan pekerjaan apapun, termasuk pekerjaan-pekerjaan pembantu rumah tangga sang Dalang Senior. Cantrik juga ikut membantu persiapan pentas termasuk mengangkat-angkat perabotan dan peralatan pentas.

Baca BEGAWAN.

Kategori Abjad
Sponsor