Celeng Demalung

CELENG DEMALUNG, satu di antara banyak binatang penghuni Hutan Gajahoya yang dicipta menjadi manusia oleh Begawan Palasara. Andakasura yang berasal dari banteng, oleh Palasara diberi jabatan pemerintahannya sebagai patih Astina. Di antara binatang penghuni Gajahoya yang diubah bentuknya menjadi manusia adalah Gajah Angun-angun, Cecak Andon, Dandang Gaok, Bajing Kirik, Merak Kesimpir, dan Kidang Talun.

Selain itu, dalam kisah-kisah Dewi Sri dan Sadana, Celeng Demalung juga muncul sebagai anak buah Putut Jantaka yang menjadi musuh para petani. Anak buah Putut Jantaka lainnya adalah:

Tikus Jinada, kera bernama Kutilapas, lembu bernama Sapi Gumarang, kerbau bernama Kebo Andanu, kijang bernama Kidang Ujung, rusa bernama Menjangan Randi, kura-kura bernama Bulus Pas, ulat bernama Uler Greges.

Suatu saat, ketika anak buah Putut Jantaka itu menyerbu Kerajaan Purwacarita untuk mencari makan, mereka dikalahkan oleh anak buah Putut Wayungyang dan Putut Candramawa, yang terdiri atas anjing pemburu dan kucing.

Lihat PALASARA.

Kategori Abjad
Sponsor