Citrahoyi, Dewi

DEWI CITRAHOYI, putri Prabu Citradarma dari Kerajaan Magada. Ia adalah cucu keponakan Dewi Citrawati, istri Prabu Arjuna Sasrabahu. Wajah, bentuk badan, dan tingkah laku Dewi Citrawati mirip sekali dengan Dewi Banowati. Itulah sebabnya, Arjuna ingin sekali mempersuntingnya. Perlu diketahui Arjuna sangant mencintai Banowati, tetapi kemudian ia patah hati karena Banowati itu mati dibunuh Aswatama.

Namun, kenyataann Dewi Citrahoyi telah bersuami. Ia adalah istri Prabu Arjunapati, raja Sriwedari, yang merupakan daerah taklukan Kerajaan Dwarawati.

Waktu Prabu Kresna mengetahui bahwa Arjuna jatuh cinta pada Dewi Citrahoyi, ia mendesak Prabu Arjunapati agar menyerahkan istrinya pada Arjuna. Prabu Arjunapat menolak, walaupun ia sebenarnya sangat hormat pada Kresna.

Karena tidak dapat menahan rasa rindunya, secara sembunyi-sembunyi Arjuna menemui Citrahoyi, dan wanita itu ternyata tidak mampu menolak rayuan cinta Arjuna. Waktu Arjunapati tahu adanya hubungan gelap istrinya dengan Arjuna, ia sangat marah. Terjadilah perang tanding antara Prabu Arjunapati dengan Arjuna. Prabu Arjunapati berhasil membunuh Arjuna, tetapi dengan Kembang Wijayakusuma ksatria Pandawa itu dihidupkan kembali oleh Prabu Kresna. Akhirnya Arjunapati kalah waktu melawan Patih Udawa. Maka, terlaksanalah keinginan Arjuna memperistri Dewi Citrahoyi, walaupun dengan cara yang tidak benar.

Peristiwa ini terjadi setelah Baratayuda selesai.

Baca juga ARJUNAPATI, PRABU.

Leave a Reply