Seputar Situs

Situs Wayang Indonesia ini dibuat (dan terus berusaha kami lengkapi isinya) untuk mempermudah Anda mengenal tokoh wayang, jenis wayang, lakon wayang, peralatan dan perlengkapan pertunjukan wayang, serta mengetahui istilah-istilah seputar wayang.

Di situs ini kami berusaha memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang umum mengenai dunia pewayangan, dan memberikan penjelasan atas pertanyaan khusus mengenai apa dan siapa tokoh-tokohnya. Tidak hanya Wayang Kulit dan Wayang Orang Purwa, tetapi kami juga berusaha melengkapi isi situs ini dengan keterangan mengenai Wayang Menak, Wayang Beber, Wayang Klitik, Wayang Gedog, Wayang Golek, juga jenis wayang lainnya dari luar Pulau Jawa.

Pada situs ini kami mendasarkan isinya sesuai dengan cerita pada Pewayangan Indonesia. Jadi tidak sepenuhnya sama dengan cerita yang terdapat dalam Kitab Ramayana dan Mahabarata dari India, walaupun jelas cerita inti wayang diambil dari kedua kitab itu. Perbedaan terbesar adalah yang menyangkut filsafatnya.

Penggunaan nama tokoh dalam situs ini sebagai judul entri memakai namanya yang paling populer, yang paling dikenal oleh semua suku di Indonesia. Contohnya, kami menggunakan nama Arjuna sebagai judul entri tentang Arjuna meskipun Arjuna juga memiliki banyak sebutan lain, seperti Janaka, Permadi, Parta, Kariti, Dananjaya, dan lain-lain. Nama Janaka atau Permadi tetap kami sertakan sebagai judul entri tetapi isinya hanya sebatas rujukan silang.

Penulisan nama-nama tokoh memakai kaidah penulisan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan, dan dengan lafal Indonesia, misalnya ditulis: Gatotkaca – bukan Gatutkoco; Suwanda – bukan Suwondo; Widawati – bukan Widowati; Wisnu – bukan Vishnu; Astina – bukan Ngastina atau Hastina; dan sebagainya.

Demikian sekadar penjelasan pembuka yang bisa kami sampaikan. Semoga situs ini dapat berguna bagi masyarakat pada umumnya dan bagi pecinta wayang pada umumnya. Selebihnya? Terima kasih dan selamat berpetualang di situs ini saja.